9 Oktober 2012

Sherlock Holmes - Marry Russell #1


Berawal dari pertemuan tak sengaja antara Sherlock Holmes dengan seorang gadis remaja yang cuek, namun cerdas dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Marry Russell yang tak betah tinggal di rumah bersama bibinya selalu menghabiskan waktu di luar rumah, dimana pada hari itu dia bertemu dengan orang asing yang ternyata adalah Holmes, detektif terkenal itu. Dari pertemuan yang tak diharapkan itu malah membuat keduanya semakin dekat yang tak berapa lama terjalin sebuah relasi antara guru dan murid yang kemudian berubah menjadi relasi rekan bekerja dalam menyelesaikan kasus-kasus yang ditangani Holmes. Tentu saja kedekatan mereka tak begitu saja terjadi dengan mudahnya. Marry harus mau melewati ujian-ujian yang Holmes berikan.,dan tentu saja bukan Marry namanya jika ia dengan mudah menyerah dari tantangan-tantangan Holmes. Sampai pada akhirnya puncak dari kasus yang harus mereka hadapi adalah kasus yang menyangkut anak senator, yang juga menjadi kesempatan Russell  untuk membuktikan pada Holmes bahwa dia adalah murid yang bisa diandalkan. 

The Beekeeper's Apprentice adalah salah satu novel dari cerita perjalanan antara Sherlock Holmes dan Marry Russell. Laurie R. King sebagai penulisnya pun menceritakan bagaimana awal mula dia bisa menuliskan perjalanan Holmes dengan rekannya yang satu ini, yang menjadi bagian menarik tersendiri, terlepas dari kisah dalam novel ini. Tak banyak yang tahu jika ada lagi seorang wanita selain Irene Alder yang masuk ke dalam kehidupan Holmes. Dialah Marry Russell, salah satu murid Holmes yang dengan cepat bisa menjadi rekan kerjanya dalam memecahkan kasus-kasus. Dalam kisah ini bukan berarti teman dekat Holmes yang selama ini kita kenal adalah dr. Watson digantikan begitu saja dengan keberadaan Marry Russell. Malahan terjalin keakraban antara ketiga tokoh tersebut. Pembaca akan diajak untuk mengikuti perjalanan antara Russell dan Holmes, mulai dari mereka masih menjadi dua orang "stranger" sampai kemudian bisa menjadi rekan kerja yang semakin akrab. Dengan latar kota London era tahun 1700-an, novel ini bisa menjadi salah satu koleksi yang menarik, terutama bagi para pecinta Holmes. 


Akan tetapi, kadang dengan alur yang terkesan datar dan berjalan lambat di bagian tengah-tengah membuat saya harus menguap dan merasa bosan. Untung kebosanan itu diselamatkan oleh beberapa kasus yang muncul dalam cerita. The Beekeeper's Apprentice adalah salah satu seri novel Laurie R King yang menceritakan tentang Holmes dan Marry Russell, di novel ini kedekatan mereka masih sebatas guru dan murid yang sekaligus teman. Kita belum tau kemana arah kedekatan mereka nanti. Apalagi melihat Russell yang semakin dewasa. Tentu saja untuk mengetahuinya, kita harus mengikuti perjalanan mereka di seri novel berikutnya. 



3/5 saya beri untuk novel ini. 

6 komentar:

ana mengatakan...

cuma 3 ya? padahal aku mengharapkan cerita yang seru... huhuhuh

farahrizki mengatakan...

iyaa.. nggak begitu Waow sih menurutku.. dan kayaknya yg no.2 err...lebih jelek :|

Oky mengatakan...

Halo, salam kenal yaa.. welcome to BBI~

Dari Jogja juga? Hehe. Asiiik...
Aku Oky @ Kumpulan Sinopsis

Kubikel Romance mengatakan...

halo farah salam kenal yah aku Sulis dari Kubikeromance.blogspot.com :)

ak baru nonton filmnya Sherlock dan belum tertarik baca bukunya, bukan genre fav sih dan masih menggaggap kalau cerita detektif2an lebih asik dipecahkan kalau nonton filmnya. kalaudi film Sherlock Marry ini udh ada blm ya? lupa --

farahrizki mengatakan...

halo halo Oky dan Peri Hutan.. maap baru bales komen, tunggu kunjunganku ke blog kalian yaa :))

@Peri Hutan : iya, kebetulan aku suka sama genre detektif, menarik banget. terus jadi geregetan ikut-ikutan nebak pelakunya tiap ada kasus. hehe. kalo yg sama Marry Russel kayaknya belum ada filmnya. film Holmes sih kebanyakan masih nyeritain bareng Irene Adler. CMIIW :)

destinugrainy mengatakan...

kemarin lihat buku ini di TM. Jadi pengen :)

Posting Komentar

 
Blog Design By Use Your Imagination Designs With Pictures from Pinkparis1233
Use Your Imagination Designs